Copyright 2017 - Federasi Serikat Guru Indonesia

Dua belas orang guru yang mewakili 116 orang rekannya yang dikenakan pemutusan hubungan kerja atau PHK secara sepihak oleh manajemen Yayasan Pesantren Indonesia Al Zaytun datang ke Ombudsman Republik Indonesia, Senin, 13 Februari 2017. Kedatangan para guru didampingi oleh Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia atau FSGI, Retno Listyarti. Mereka diterima oleh komisioner Ombudsman, Ahmad Su'adi. 

Bantuan kemanusia di bidang pendidikan disalurkan oleh Kepma Bima Yogyakarta. Aksi tersebut merupakan respon terhadap musibah banjir bandang yang terjadi di Kota Bima dan Kabupaten Bima. Bantuan yang diberikan berupa pakaian sekolah merah-putih dan pramuka, buku tulis, serta balpoint.

”Tentunya saat ini sangat dibutuhkan oleh siswa/siswi di Kota Bima. Kepma Bima Yogyakarta mengajak bekerja sama dengan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), dan Serikat Guru Indonesia(SGI) Bima,” kata Ketua SGI Bima,  Eka Ilham.S.Pd.M.Si.

Menurut mantan pengurus Kepma Bima Yogyakarta Tahun 2004 ini,  FSGI Pusat juga memberikan bantuan berupa buku mata pelajaran, buku tulis, perlengkapan sekolah dan buku-buku komik untuk tingkat SMP kepada SGI Bima untuk disalurkan ke beberapa sekolah yang membutuhkan. ”Sejak Selasa lalou kami menyisir titik wilayah yang menurut analisa data kami di lapangan sangat membutuhkan kebutuhan seolah tersebut,” katanya.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyampaikan kajian moratorium Ujian Nasional (UN) kepada Presiden Joko Widodo melalui Tim Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis Theresia Sembiring di Kantor Kepala Staf Presiden (KSP), Kamis (15/12/2016).